Menanam dan Belajar Bonsai Tanaman Serut


Tahukah bagaimana tanaman Serut ? Tanaman Serut atau Streblus Asper merupakan tanaman yang sering dijumpai sebagai tanaman hias. Memiliki tampilan yang menawan, dan umum mudah dibentuk atau di bonsai. Tanaman Serut didaerah saya masih cukup mudah untuk ditemui, bagaimana dengan di daerah teman-teman ?

Tanaman Serut masih banyak dijumpai di daerah saya, sebab daerah pedesaan yang saya tempati masih ditumbuhi banyak jenis tanaman dan hijauan alami.

Menanam dan Belajar Bonsai Tanaman SerutMenanam dan Belajar Bonsai Tanaman Serut

Tanaman Serut Hasil Bonsai - Pemula

Tanaman Serut sering tumbuh di perkebunan dan hutan. Tanaman ini merupakan tanaman yang menarik dan cantik untuk dibonsai.

Nah, kali ini saya akan bercerita sedikit mengenai pengalaman mencoba menanam sekaligus bonsai tanaman serut. Berikut ulasannya :

Menanam Tanaman Serut

Tanaman Serut di daerah pedesaan masih mudah dijumpai dan bisa diambil dari hutan secara langsung. Yang pasti tanpa harus mengeluarkan uang atau membeli untuk memperolehnya.

Untuk menanam tanaman Serut di rumah, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, diantaranya adalah :
  • Menyiapkan bakalan bibit serut, pot atau bakal wadah tanaman Serut, tanah humus (tanah yang subur) dan kotoran hewan (secukupnya).
  • Setelah bahan-bahan itu terkumpul, baru kalian bisa menanamnya. Caranya, yaitu dengan menanam bibit Serut ke pot atau tempat yang ingin ditanami dengan diberi tanah humus yang telah dicampur dengan kotoran hewan yang sudah disediakan dengan takaran secukupnya. Bila Kalian tidak menemukan tanah humus maka gunakan saja tanah biasa, dengan syarat tidak terlalu basah atau tidak terlalu kering.
  • Letakkan di tempat yang memungkinkan tanaman terkena sinar matahari. Gunanya adalah supaya tanaman bisa berfotosintesis, berkembang dan tumbuh dengan baik.
  • Kemudian siram dengan air secukupnya, namun jangan sampai terlalu becek. Selanjutnya lakukan penyiraman secara rutin 1 kali setiap hari.

Ow iya, saat mengambil bibit tanaman Serut, usahakan masih ada tanah yang menempel padanya, dengan tujuan supaya akar pada tanaman Serut tidak putus atau rusak.

Tanaman Serut merupakan salah satu tanaman yang sangat sensitif bila akarnya putus. Sehingga lakukan penanaman secara hati-hati dan perlahan-lahan.

Beberapa hal yang mungkin harus diwaspadai dalam perawatan tanaman serut adalah :
  • Hama penyerang daun berbentuk kutu daun yang biasanya berwarna putih-putih. Kutu daun ini mengeluarkan sejenis cairan yang lama-lama bisa menjadi cendawan atau jamur. Bila dibiarkan, cendawan ini akan menghambat atau menghalangi proses fotosintesis tanaman, mengakibatkan daun yang semula berwarna hijau menjadi hitam dan tanaman menjadi kurang sehat.
  • Ulat daun yang biasanya memakan daun Serut saat masih muda.

Kedua hal diatas merupakan hal-hal yang sering menghambat kembang tumbuh tanaman Serut. Sehingga untuk membuatnya menjadi tetap sehat, dan terhindar dari hama penyebab penyakit adalah melakukan penyemprotan fungisida atau insektisida kepadanya. Obat ini bisa kalian dapat di toko-toko pertanian atau obat tanaman.

Belajar Bonsai atau Membentuk Tanaman Serut

Sudahkah kalian mengenal apa itu membuat bonsai ? Membuat bonsai tanaman adalah aktivitas membuat tanaman tetap dalam kondisi kerdil dengan tujuan mempercantik, memperindah dan membuat tanaman menjadi lebih menarik untuk hiasan.

Menanam dan Belajar Bonsai Tanaman Serut






Tanaman Serut dalam Tahap Bonsai

Aktivitas bonsai sering menjadi hobby setiap orang yang suka berkreasi dan mencintai hijauan alam. Sebagai objek sasarannya, tanaman Serut adalah yang utama dari sekian banyak tanaman. Tanaman Serut menjadi tanaman pilihan yang umum dipilih untuk dijadikan sebagai objek bonsai.

Tahu mengapa ? Tanaman Serut merupakan tanaman yang memiliki batang kuat yang mudah dibentuk meski terlihat layu, daun segar dengan bentuk kecil-kecil yang menarik.

Dari segi batang, daun dan karakteristik tanaman Serut tersebut sehingga menjadi daya tarik dan primadona dalam hal bonsai.

Nah untuk membuat bonsai tanaman Serut, kita harus memperhatikan beberapa hal supaya bonsai kita bisa berhasil dan tidak membuat tanaman Serut menjadi mati.

Hal-hal yang perlu diperhatikan adalah :
  1. Lakukan bonsai hanya pada tanaman Serut yang benar-benar sudah hidup di tempat yang baru. Jangan lupa perhatikan juga apakah tanaman Serut itu sudah waktunya dibonsai atau belum. Salah satu cara melihat bagaimana tanaman Serut sudah bisa dibonsai atau belum adalah dilihat dari segi batangnya, bila batang tanaman serut sudah banyak, tumbuh subur, batang terlihat ditumbuhi banyak daun yang segar, maka disaat inilah tanaman Serut mulai bisa dibonsai.
  2. Sebelum melakukan bonsai, sebaiknya bersihkan daun pada batang yang akan dibonsai. Ingat, hanya daun yang tumbuh pada batang yang akan di bonsai. Tujuannya adalah untuk memudahkan proses penataan batang.
  3. Gunakan tali atau kawat untuk menata batang tanaman agar mau mengarah ke arah yang diharapkan. Tuangkan segala kreativitas kalian dalam menata batang-batang yang ada. Usahakan tidak terlalu berlebihan, dan melakukannya hanya secara bertahap.

Bertahap yang dimaksud ini adalah, melakukan penataan atau di sisi tertentu dahulu dan tunggu hingga beberapa hari sampai sisi itu tumbuh batang atau daun yang diinginkan, kemudian baru dilanjutkan bonsai sisi batang yang lain.

Tujuannya adalah untuk menjaga stabilitas kinerja fungsi daun (sebagai komponen yang berfungsi membuat makanan tanaman), agar tetap dapat berjalan dengan baik dan tidak mengakibatkan tanaman menjadi mati.

Demikian serangkaian cara menanam dan bonsai tanaman Serut dari pengalaman yang saya dapat setelah melakukan percobaan di rumah. Semoga tulisan ini bisa memberikan edukasi dan pengalaman bagi kalian yang ingin mencoba menanam dan bonsai tanaman Serut.

Sumber bacaan : id.wikipedia.org

SHARE BUTTON :


RELATED POST :

Tempat Berkomentar "Menanam dan Belajar Bonsai Tanaman Serut"

Post a Comment

Silahkan berkomentar sesuai topik diatas, terima kasih.