Orang Pedesaan Menjadikan Jamur Barat Sebagai Ladang Bisnis


Seperti yang dikutip dari detik.com, bapak Chairul Tanjung pernah berkata “Dimana ada krisis, disitu ada peluang”. Hal ini memang benar dan dibuktikan langsung oleh sebagian masyarakat pedesaan yang mengalami krisis ekonomi.

Orang Pedesaan Menjadikan Jamur Barat Sebagai Bisnis

Jamur Barat Untuk Bisnis (1) - Enak

Selain Jamur Barat menjadi makanan istimewa orang desa, ternyata Jamur Barat juga mendatangkan rezeki yang melimpah.

Cenderung sebagian dari penduduk di desa mengalami kekurangan finansial, yang akibatnya kondisi perekonomian menjadi sedikit krisis. Keadaan ini mendukung masyarakat untuk mencetuskan sebuah ide, hingga muncul lah sebuah kreatifitas untuk membuat bisnis Jamur Barat.

Dari sejak dulu Jamur Barat dinilai memang memiliki cita rasa yang nikmat, sehingga hal ini sudah mendukung salah satu syarat berbisnis, dan bukan hal yang salah jika Jamur ini dijadikan sebagai elemen bisnis. Alasan lain yang cukup mendukung masyarakat untuk mengadakan bisnis Jamur Barat adalah karena Jamur Barat belum di tumbuh kembangkan secara masal seperti halnya Jamur Tiram.

Bisnis Jamur Barat Orang Pedesaan

Orang Pedesaan Menjadikan Jamur Barat Sebagai Bisnis
Jamur Barat Untuk Bisnis (2) - Lezat

Pada musim jamur barat, mayoritas masyarakat di beberapa desa membuat inisiatif berupa bisnis Jamur Barat. Yang salah satu jenisnya adalah menjual jamur secara mentahan.

Jamur yang dijual itu dicari sendiri oleh penjual dari persawahan atau perkebunan setempat yang berpotensi ditumbuhi Jamur Barat. Kemudian mereka membersihkan jamur dan terakhir mengemasnya dengan ukuran yang beragam, yang biasanya tergantung harga dan permintaan. Hingga terakhir jamur siap di jual.

Dalam benak hati saya yang pertama sempat berkata bahwa “Jamur tersebut mungkin hanya akan laku sedikit”. Tapi faktanya salah, ketika menjumpai beberapa penjual, saya pernah mencoba bertanya terkait berapa jumlah jamur yang terjual, dan rata-rata mereka yang menjual menjawab bahwa “InsyaAllah semua laku (habis), dan bahkan kadang beberapa pembeli masih ada yang memesan untuk dibawakan esok hari”.

Bisnis Jamur Barat memang masih sangat jarang dan itu pun hanya bisa dilakukan di musim Jamur Barat tiba, sehingga harapannya kedepan bisnis ini dapat dikembangkan, mulai dari pembibitan jamur, pengembangan jamur dan bisa merambah hingga sektor bisnis ke ranah yang lebih luas.

Dari persepsi yang salah diatas dapat diambil sebuah pelajaran, bahwa kita tidak boleh asal berasumsi sebelum mengetahui bagaimana realita suatu hal tersebut.

Luar biasa bukan, jalan mencari rezeki yang diberikan Allah memang sangat banyak. Semua sudah punya jalan masing-masing, hanya tergantung bagaimana usaha kita.

SHARE BUTTON :


RELATED POST :

Tempat Berkomentar "Orang Pedesaan Menjadikan Jamur Barat Sebagai Ladang Bisnis"

Post a Comment

Silahkan berkomentar sesuai topik diatas, terima kasih.